Rabu, 13 Juni 2012

Manusia dan Penderitaan

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta yang artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan. Penderitaan dapat berupa penderitaan lahir atau batin atau lahir dan batin. Penderitaan termasuk realitas manusia dan dunia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat, ada yang ringan. Namun peranan individu juga menentukan berat-tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain. Dapat pula suatu penderitaan merupakan energi untuk bangkit kembali bagi seseorang, atau sebagai langkah awal untuk mencapai kenikmatan dan kebahagiaan.


Penderitaan batin yang dialami manusia :

Manusia setelah merasakan penderitaan biasanya ada yang tetap melekat di dalam batin seseorang ada juga yang bisa melupakannya kalau manusia yang mengalami penderitaan batin yang sangat kuat sehingga dia tidak kuat lagi menanggung penderitaan itu akan berakibat gangguan mental. Gejala manusia yang mengalami penderitaan batin dalah:

1. Jasamani -> pusing, mual, sesak nafas dan lain lain
2. Rohani -> rasa cemburu, apatis, mudah marah dan lain lain


Penderitaan batin banyak terdapat dilingkungan :
1. Anak anak muda usia
2. Kota kota besar
3. Orang yang tidak beragama
4. Wanita
5. Orang yang mengejar materi



Penderitaan timbul itu karena dua faktor :

1. Penderitaan yang timbul karena perbuatan buruk manusia
Penderitaan yang timbul dikarenakan kesalahan yang dilakukan oleh seseorang atau kenakalan seseorang. Contoh ketika seorang anak melakukan kenakalan yang sudah keterlaluan biasanya akan di beritahu oleh kedua orang tua dalam hal ini biasanya kalau ibu marah kepada anaknya biasanya anaknya hanya mendengarkan begitu saja tetapi kalau ayah sudah marah biasanya sekalinya marah akan lebih parah dari pada ibu dan biasanya sang anak akan timbul tekanan batin dan biasanya akan teringat selalu.

2. Penderitaan yang timbul karena penyakit, atau azab dari tuhan
Penderitaan ini dirasakan oleh jasmani seseorang . contoh ketika kita sedang sakit pasti tubuh manusia yang sedang mengalami sakit itu akan merasakan tidak enak yang lama kelamaan akan berujung penderitaan itulah yang dinamakan dengan penderitaan yang timbul karena penyakit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar