Selasa, 22 Oktober 2013

Fungsi Safely Remove dan Eject Media Pada Windows

Ketika Anda memasukan removable disk, seperti Flashdisk, SD Card atau Hardisk External, Windows mengharuskan Anda untuk melakukan Safely Remove sebelum melepasnya. Tahukah bahawa kenapa hal ini perlu dilakukan? Padahal tidak jarang orang melepas Flashdisk sebelum melakukan Safely Remove. Apa yang akan terjadi pada Flashdisk tersebut jika terus-menerus melakukan hal ini?
Windows memberikan fitur Safely Remove dan Eject pada Windows tentunya ada fungsinya. Jika terlintas dipikiran Anda pertanyaan seperti ini, maka sebenarnya jawaban cukup singkat, yaitu kenapa Windows memberikan fitur Safely Remove dan Eject adalah supaya Flashdisk, SD Card atau Hardisk External aman yang  tidak menyebabkan file corrupt.
Ketika Anda memasukan Flashdisk, komputer akan bebas melakukan read and write data (baca tulis data), yang beberapa diantaranya cache. Cache ini tidak langsung disimpan di Flashdisk, tetapi ditulis terlebih dahulu di RAM. Jika Anda tiba-tiba mencabut Flashdisk sebelum atau ketika sedang read and write cache, maka file akan corrupt atau rusak. Tetapi Windows secara otomatis tidak menggunakan cache pada Flashdisk, kecuali Anda mengaktifkannya. Demikian tips kali ini semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar